Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VISI DAN MISI serta contoh | Calon ketua dan tujuan organisasi

VISI DAN MISI : Calon ketua dan tujuan organisasi – Visi dan misi pasti ada dalam suatu organisasi, perusahaan, atau instansi lainnya dan sudah menjadi kewajiban untuk menyertakan visi dan misi dalam gagasan-gagasan tertulis dari sebuah organisasi, perusahaan atau instansi lainnya. Sebuah perusahaan atau organisasi pasti punya sebuah tujuan, cita-cita masa depan, target pencapaian jangka panjang atau pendek, dan sebuah pedoman yang nantinya akan ditulis dalam sebuah gagasan yaitu visi dan misi.

Visi dan misi pasti ditulis dan dipikirkan dengan matang dan sejalur dengan tujuan dan cita-cita sebuah organisasi atau perusahaan. Tujuan dari adanya visi dan misi salah satunya untuk memberitahukan kepada pembaca atau masyarakat pada umumnya bahwa sebuah perusahaan atau organisasi memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas dan layak.

Tentu selain itu masih banyak tujuan yang lainnya dari visi dan misi yang dibagi menjadi dua yaitu tujuan internal dan tujuan eksternal.

Tujuan internal artinya visi dan misi ditujukan untuk orang-orang yang berada di suatu perusahaan atau organisasi sebagai contoh sebuah perusahaan memiliki visi dan misi yang ditujukan untuk karyawan atau pegawai perusahaan tersebut.

Tujuan eksternal mengarah kepada pembaca atau masyarakat yang bukan merupakan bagian langsung dari suatu organisasi atau perusahaan dimana tujuannya agar masyarakat mengerti dan memahami visi dan misi dari suatu perusahaan atau organisasi.

Berikut beberapa tujuan visi dan misi secara internal dan eksternal dari sebuah perusahaan atau organisasi.

Tujuan Internal

▪ Membantu menentukan standar kerja dari sebuah perusahaan, organisasi dan instansi lainnya
▪ Sebagai acuan karyawan atau orang-orang yang terlibat didalamnya agar bekerja lebih semangat, produktif dan lebih aktif.
▪ Membuat sebuah kerangka kerja yang lebih baik dan lebih etis
▪ Panduan untuk karyawan atau orang-orang yang ada didalamnya dalam pengambilan sebuah keputusan
▪ Acuan sebuah perusahaan atau organisasi untuk selalu berpegang pada visi dan misi agar semakin maju dan berkembang

Tujuan Eksternal

▪ Sarana pendekatan terhadap masyarakat atau siapapun yang membaca visi dan misi sebuah perusahaan, organisasi atau instansi lainnya.
▪ Menciptakan sebuah hubungan serta komunikasi yang baik secara umum bagi suatu perusahaan, organisasi, dan instansi lain.
▪ Memberitahukan secara umum bahwa suatu perusahaan, organisasi dan instansi lainnya mempunyai standar kualitas

Pengertian Visi

Visi merupakan sebuah gagasan mengenai tujuan atau cita-cita dari suatu perusahaan, organisasi atau instansi lain-lain. Visi lebih merujuk kepada sesuatu di kemudian hari artinya bahwa visi merupakan masa depan bagi suatu perusahaan atau organisasi. Visi juga dapat diartikan sebagai tujuan dari seorang tokoh pendiri suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Seorang pendiri tentunya mempunyai tujuan dibalik pendirian sebuah organisasi atau perusahaan tujuan-tujuan itulah yang menjadi visi dan akan terus di pakai. Visi juga bisa berarti koordinator dari sebuah perusahaan atau organisasi dimana tanpa adanya visi maka perusahaan atau organisasi tidak memiliki tujuan dan pastinya akan terombang-ambing dan sulit mencapai kesuksesan disitulah peran visi untuk mengkoordinir arah jalan dari sebuah perusahaan atau organisasi agar nantinya dapat mencapai kesuksesan. Kata atau gagasan yang ada didalam sebuah visi juga harus berorientasi ke depan yang artinya tidak berpacu pada kondisi sekarang dan visi juga harus dibuat sesuai dengan peran dari suatu perusahaan atau organisasi secara umum, contoh instansi pendidikan memiliki visi yang sesuai dengan pendidikan yaitu mencerdaskan masyarakat di seluruh dunia.

Pengertian Misi

Misi adalah sebuah langkah atau tahapan dalam mewujudkan sebuah visi. Jika visi merupakan tujuan utamanya maka misi adalah yang harus dilakukan demi mencapai visi. Misi diartikan sebagai penjabaran dari visi yang artinya untuk lebih memperjelas visi dari sebuah perusahaan atau organisasi. Jika visi ditulis dalam kalimat yang singkat maka misi lah yang akan menjabarkan dan lebih menjelaskan tentang tujuan dan alasan dari sebuah perusahaan atau sebuah organisasi. Misi lebih bersifat kearah yang harus dilakukan dimana sebuah perusahaan atau organisasi harus melakukan misi tersebut demi kesuksesan dan tercapainya sebuah visi. Misi juga digunakan untuk membatasi beberapa hal dalam sebuah perusahaan atau organisasi dan juga memberikan arahan dalam melakukannya.

Contoh Visi dan Misi

▪ Contoh visi dan misi sebuah organisasi lingkungan masyarakat

Visi : “ Menciptakan Lingkungan yang Sehat, Aman, dan Cerdas Demi Kesejahteraan Bersama “

Misi : demi mencapai itu semua kami mempunyai misi sebagai berikut:

o Mengadakan kegiatan peduli lingkungan atau kerja bakti
o Mengadakan pos ronda dan jaga malam setiap hari
o Mengadakan kegiatan yang meningkatkan kerukunan antar warga
o Melakukan pertemuan rutin
o Membuat dan mendukung sarana dan prasarana pendidikan tambahan di dalam lingkungan

▪ Contoh visi dan misi sebuah instansi kesehatan

Visi : “ Menyehatkan masyarakat demi tercapainya kesehatan yang hakiki “

Misi : demi mencapai itu semua kami mempunyai misi sebagai berikut :

o Memberi fasilitas dan layanan yang baik dan higienis
o Mengadakan sosialisasi rutin kepada masyarakat
o Memberikan pelayanan kesehatan prima dan selalu siap kapanpun
o Memberikan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat
o Meningkatkan kinerja demi kesehatan bersama

▪ Contoh visi dan misi sebuah instansi pendidikan

Visi : “ Mencerdaskan dan membimbing siswa ke arah yang baik dan menjadikannya berprestasi”

Misi : demi mencapai itu semua kami mempunyai misi sebagai berikut :

o Membimbing siswa dengan hati dan pikiran jernih
o Mengajarkan kepada siswa ilmu yang benar dan berakhlak
o Menjadikan siswa yang rajin, teladan dan berbudi pekerti luhur
o Mengajarkan nilai-nilai agama dan kehidupan
o Menuntun siswa bersama-sama menuju ke sebuah prestasi
o Menyeimbangkan kegiatan keagamaan dan pendidikan tanpa adanya halangan apapun
o Membantu siswa membangun karakter yang berjiwa Pancasila
o Memberikan lingkup dan ruang belajar yang nyaman
o Menanamkan kepada siswa pentingnya menjaga dan mencintai lingkungan
o Membangun karakter siswa yang siap berjuang dan siap bersaing di kancah nasional dan internasional

Perbedaan Visi dan Misi

Visi dan misi tentunya mempunyai perbedaan yang harus diketahui dan berikut adalah perbedaan antara visi dan misi.

▪ Visi menggambarkan tentang tujuan atau masa depan dari suatu perusahaan atau organisasi

Sedangkan misi yaitu hal atau sesuatu yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan atau visi dari suatu perusahaan, organisasi dan instansi lainnya.

▪ Visi merupakan cita-cita atau orientasi jangka panjang

Sedangkan misi merupakan cita-cita yang berorientasi pada masa sekarang atau masa ini dimana hal yang harus dilakukan sekarang.

▪ Visi bersifat mutlak artinya tidak dapat diganggu gugat dan biasanya visi merupakan gagasan dari pendiri suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan visi tidak dapat diganti atau permanen

Sedangkan misi sifatnya bisa mutlak bisa juga tidak atau bisa diganti kapan saja. Misi bersifat tidak mutlak karena misi harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Jika misi sesuai dengan kondisi maka tidak perlu adanya pergantian begitupun sebaliknya.

▪ Visi berisi pernyataan yang umum dan singkat yang artinya agar pembaca secara cepat dapat mengerti tujuan dari sebuah perusahaan atau organisasi

Sedangkan misi lebih berisi ke pernyataan yang detail dan panjang dengan tujuan lebih menjelaskan dan menjabarkan visi dari suatu perusahaan atau organisasi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai visi dan misi dari mulai pengertian, contoh hingga perbedaan diantara keduanya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan.

close