Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sinopsis Film Pendek Tentang Persahabatan

Contoh Sinopsis Film Pendek Tentang Persahabatan

Film Pendek “Sahabat”


 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu. Sinopsis juga berarti ringkasan atau abstraksi. Sinopsis film pendek adalah suatu ringkasan yang menggambarkan keseluruhan jalan cerita yang ada di dalam film pendek tersebut.

Tujuan


Tujuan sinopsis adalah untuk manarik pembaca agar mau membaca buku atau menonton film atau pertunjukan tertentu. Bahasa yang digunakan dalam sinopsis harus terlihat menarik, singkat, padat dan jelas serta mudah dipahami oleh pembaca.

Ciri-Ciri


Adapun ciri-ciri dari sinopsis adalah sebagai berikut:

  1. Alur atau jalan cerita harus diceritakan secara sistematis dan sesuai dengan alur atau jalan cerita aslinya.

  2. Menggunakan bahasa persuasif atau berupa kalimat ajakan dan bujukan agar pembaca mau membaca bukunya atau menonton film atau pertunjukannya.

  3. Mendeskripsikan konflik secara detail, ringkas dan menarik.

  4. Membuat pembaca merasa penasaran.


Berikut langkah-langkah membuat sinopsis:

  1. Jika cerita yang akan disinopsiskan berupa cerita dari buku atau novel, maka bacalah terlebih dahulu buku atau novel tersebut secara keseluruhan. Apabila cerita yang akan disinopsikan berupa cerita dari film, maka tontonlah terlebih dahulu film tersebut hingga selesai.

  2. Buatlah urutan cerita yang berisi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam cerita tersebut.

  3. Rangkai dan susunlah kalimat-kalimat tersebut menjadi suatu paragraph yang berkesinambungan sesuai alur cerita slinya.

  4. Setelah itu, bacalah kembali untuk mengoreksi kata-kata dan kalimat yang kurang atau tidak sesuai.

  5. Mintalah temanmu untuk membacanya dan mengoreksi sinopsis yang kalian buat.


Jika teman-teman diminta oleh guru untuk membuat sinopsis sebuah buku atau novel, maka teman-teman dapat melihat contohnya di sampul belakang buku atau novel tersebut. Karena biasanya, sebuah buku atau novel akan memberikan deskripsi cerita secara garis besar pada sampul belakang. Namun, jika kalian mendapatkan tugas membuat sinopsis tentang sebuah film, maka jangan khawatir karena berikut akan kami berikan contoh sinopsis sebuah film pendek yang bertemakan persahabatan yang kami ambil dari youtube.

Sinopsis Film Pendek “Sahabat”

Judul film pendek        : Sahabat

Sutradara                    : Aldis Elwan

Tema film                   : Persahabatan

Tokoh                          : Dudung, Maman, dan Anita

Sumber Film                : https://youtu.be/wtCXBTPCA-E

 

Sinopsis:

Film ini menceritakan dua sahabat yang bernama Dudung dan Maman. Mereka adalah dua sahabat yang selalu bersama seperti sepasang sandal yang tak bisa dipisahkan. Namun persahabatan mereka berubah ketika Dudung mulai mengenal seorang gadis bernama Anita. Semenjak mengenal Anita, Dudung sering jalan berdua dengan Anita dan mulai melupakan sahabatnya sendiri, yaitu Maman. Hal tersebut terus menerus dilakukan oleh Dudung hingga suatu hari Anita memutuskan hubungannya dengan Dudung tanpa alasan. Lalu, bagaimanakah kisah persahabatan antara Dudung dan Maman selanjutnya? Akankah Maman mau menerima kembali Dudung sebagai sahabatnya? Dan mampukah Dudung mengembalikan kisah persahabatan yang menyenangkan bersama Maman?

Begitulah kira-kira contoh sinopsis dari sebuah film pendek dengan tema persahabatan. Sekarang, teman-teman bisa mencari film pendek yang teman-teman suka di youtube. Lalu, contoh sinopsis diatas dapat teman-teman jadikan panduan untuk membuat sinopsis film pendek versi kalian masing-masing. Jangan lupa untuk memperhatikan ciri-ciri apa saja yang harus ada dalam sebuah sinopsis dan ikuti langkah yang sudah diuraikan diatas agar memudahkan prosesnya. Semoga dapat membantu.
close