Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan

Tujuan Komunikasi Dalam Jaringan - Perkembangan teknologi membawa kita ke berbagai istilah-istilah baru dalam hal komunikasi, salah satunya adalah “Komunikasi Dalam Jaringan”.

Komunikasi dalam jaringan ini juga dikenal dengan julukan komunikasi daring, merupakan salah satu metode dalam berkomunikasi.

Bedanya, dengan “komunikasi langsung” yang biasa dilakukan tanpa perantara, komunikasi daring ini dilakukan melalui pemanfaatan fungsi jaringan internet.

Baik pengiriman pesan maupun penerimaan pesan akan melalui jalur internet.

Contohnya banyak ditemui dikehidupan sehari-hari kita, seperti proses komunikasi via Skype, Facebook, whatsapp, twitter, BBM, Line, Instagram, dsb.

Tidak seperti komunikasi langsung, komunikasi daring ini memerlukan perantara, yaitu berupa alat seperti laptop, smartphone, komputer, dsb.

Kedua, selain alat, komunikasi daring juga membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya.

Selain populer dengan istilah komunikasi daring, komunikasi dalam jaringan ini juga dikenal dengan istilah cyberspace atau komunikasi dunia maya.

Alasannya, karena ketika kita berkomunikasi dalam jaringan, kita tidak saling bertemu langsung secara fisik melainkan “bertemu” melalui perantara jaringan.

Berbagai jenis komunikasi daring adalah video call, chatting dan panggilan suara.

Kita juga bisa berkomunikasi dengan khalayak publik, contohnya seperti memposting sesuatu di beranda yang bisa terlihat banyak orang.

Dalam berkomunikasi daring, tentu kita memiliki tujuan untuk dicapai.

Berikut beberapa tujuan komunikasi dalam jaringan  yang sudah dirangkum ke dalam 14 poin penting.

  1. Berbagi sumber daya (resources)


Lewat komunikasi dunia maya ini kita bisa saling berbagi resources untuk digunakan bersama-sama oleh anggota jaringan.

Sumber daya apa ya yang bisa kita bagikan ? Cukup banyak, diantaranya program, peralatan, atau peripheral lainnya. Contohnya CPU, printer, scanner, harddisk, dsb.

Tiap sumber daya bisa digunakan tanpa terpengaruh lokasi, selama masih terhubung dengan jaringan tersebut.

  1. Media komunikasi


Komunikasi dalam jaringan juga memungkinkan untuk mengadakan komunikasi antar pengguna jaringan tanpa terpengaruh jarak dan waktu.

Contohnya komunikasi via teleconference, video call, e-mail, dan sebagainya.

  1. Integrasi data


Dalam jaringan, memproses data tidak harus dilakukan oleh satu komputer saja. Tetapi bisa juga didistribusikan ke perangkat komputer lain yang terhubung dalam jaringan yang sama. Dengan begini, akan mengurangi efek ketergantungan pada komputer utama.

Kerjasama ini juga membuat pengguna lain bisa mengakses data dengan mudah tanpa perlu ijin akses masuk dari komputer utama.

  1. Keamanan data


Meskipun data disebarkan ke tiap perangkat yang terhubung dalam sebuah jaringan,keamanan data tetaplah terjaga.

Penggunaan password untuk akses masuk menjadi salah satu faktor penjaga keamanan data tersebut.

Lebih dari itu, ketika komputer yang kita gunakan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa mengakses data, maka kita tidak perlu khawatir karena kita tetap bisa mengakses data tersebut melalui komputer yang lain.

  1. Efisisensi tenaga


Kita dapat mengurangi intensitas mobilitas fisik karena kita bisa mengakses data atau berbagi data melalui jaringan internet, it's simple and fast.

  1. Efisiensi waktu


Jelas, kita bisa lebih menghemat waktu karena jika tidak ada kendala, kita bisa mengirimkan berkas yang kita inginkan dengan sangat cepat melalui internet.

  1. Efisiensi biaya


Berapa banyak biaya yang kita butuhkan untuk bertemu dengan orang di luar negeri ? Tentu sangat mahal dibanding membeli pulsa untuk ditukarkan dengan sebuah paket internet. Jadi, kita bisa menghemat biaya secara efektif.

  1. Pemanfaatan bersama


Ketika kita mempunyai satu buah printer saja, maka itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan resources anggota lainnya. Jadi kita tidak perlu boros dengan menyediakan printer satu persatu untuk tiap komputer, nah kita biasa menemukan pemanfaatan resources bersama ini di ... Warnet , betul ?

  1. Sebagai kontrol


Pemanfaatan komunikasi daring ini memungkinkan seseorang untuk mengawasi anggota jaringannya terkait dengan aktivitasnya dalam komunikasi daring.

  1. Sharing informasi


Komunikasi melalui jaringan akan memudahkan kita untuk saling berbagi informasi secara cepat ke seluruh anggota jaringan.

Ternyata banyak keuntungan dan tujuan yang bisa kita capai melalui komunikasi dalam jaringan ini. Sharing apapun jadi lebih mudah, tapi jangan coba-coba sharing gosip via komunikasi daring ya ?

 
close