Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Legenda Nyi Blorong

Legenda Nyi Blorong - Selain nyi roro kidul yang berparas cantik nan jelita, tidak ada salahnya mengetahui tentang sosok nyi blorong. Nyi roro kidul dan nyi blorong adalah dua wanita yang cukup terkenal dalan dunia mitologi.

Dalam dunia mistik, dua wanita ini memiliki ikatan yang sangat dekat dan menjalin hubungan yang baik. Dalam dunia mitologi legenda nyi blorong adalah seorang wanita yang memiliki wajah yang ayu dengan badan setengah ular. Nyi blorong juga di ketahui menjadi seorang wanita yang di percayai oleh nyi roro kidul yang merupakan pemilik kerajaan pantai selatan. Ada banyak legenda yang wajib kita ketahui sebagai masyarakat dan keturunan dari tanah jawa.

Susana artis yang pernah memerankan tokoh Nyi Nlorong dalam filmnya.

Nyi Blorong adalah Nyimas Dewi Rangkita

Dalam dunia mitologi atau dalam mitos, nyi blorong juga di sebut dengan nyimas dewi rangkita yang merupakan cucu dari Pabu Jaya Cakra. Beliau adalah seorang raja ke 11 dari kerajaan besar di Caringin kurung. Nyi blorong sangat di sayang oleh ayah dan ibu serta hidup dalam kemewahan tidak heran jika beliau di ceritakan memiliki sifat yang angkuh dan sombong. Karena sifatnya yang keras kepala dan sombong, menyebabkan nyi blorong di usir dari kerajaan. Sejak di usir dari kerajaan inilah, nyi blorong mulai mengenal sosok nyi roro kidul sang penguasa pantai selatan.

Nyi Blorong adalah Panglima Nyi Roro Kidul

Dalam cerita rakyat nyi blorong akhirnya menjadi panglima nyi roro kidul yang paling di percaya. Pada waktu itu nyi blorong di usir dari kerjaan dan meminta bergabung dengan kerajaan yang di pimpin oleh nyi roro kidul. Nyi blorong tidak hanya cantik, namun juga sangat piawai dalam berperang dan memimpin kelompok. Jiwa kepemimpinannya menjadikan nyi roro kidul simpati dan berempati. Nyi blorong akhirnya di angkat sebagai panglima dan di berikan fasilitas dan kepercayaan penuh atas dirinya memimpin pasukan kerajaan pantai selatan. Legenda nyi blorong sampai saat ini masih menjadi perdebatan di antara para kalangan. Karena ada yang menilai jika nyi roro kidul dan nyi blorong adalah sosok yang berbeda dan hidup pada dunianya masing-masing bahkan tidak memiliki hubungan apapun.

Nyi blorong sering di samakan dengan Nyi Roro Kidul

Kedua ratu ini memiliki kewibawaan yang sangat mengagumkan. Paras ayu dan sopan santun khas tingkah laku wanita jawa sangat terkenal di mitologi Jawa. Tidak heran jika keduanya sering di katakan sama, karena mereka berdua sangat identik dengan mengunakan kebaya atau kemben dan tidak ketinggalan adalah selendang hijau. Bentuk pakaian yang di gunakan beliau sama persis dengan baju adat masyarakat Jawa. Kemudian rambut yang panjang terurai rapi dengan mimik wajah tersenyum merupakan penampakan yang sering di tunjukkan kepada manusia yang pernah di temuinya.

Nyi blorong dan pesugihan

Masyarakat banyak berhasil meraup kekayaan dengan cara menyembah nyi blorong. Nyi blorong ternyata bukan hanya legenda, namun seorang wanita yang berasal dari golongan jin / syeitan. Nyi roro blorong segan dengan orang menyembah dirinya dan akan memberikan apa yang mereka inginkan tidak terkecuali adalah kekayaan dunia. Masyarakat menilai jika legenda nyi blorong tidak terlepas dengan pesugihan yang sering di lakukan oleh kebanyakan masyarakat di tanah air. Bahkan tidak sedikit para pemimpin negeri yang meminta bantuan nyi blorong.

Semoga membantu.

 
close