Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi Harimau - Yuk, mengenal lebih dekat dengan Harimau—Sang Raja Hutan Yang Sebenarnya.

Klasifikasi Harimau - Selama ini kita menganggap bahwa Singa adalah Raja Hutan, bukan? Tapi, tahukah kamu bahwa Singa itu tidak pernah hidup di hutan melainkan di Savana? Harimau-lah yang sebenarnya hidup di dalam hutan dan mereka benar-benar menjadi Predator yang ditakuti di sana, baik oleh hewan yang lain maupun manusia. Baiklah, sebelum membahas lebih jauh, mari kita lihat dulu Klasifikasi Harimau secara ilmiah sebagai berikut:

Kingdom: Animalia

..Fillum: Chordata

......Kelas : Mammalia

..........Ordo: Carnivora

................Famili: Felidae

....................Genus: Panthera

......................Species: Panthera tigris

Seperti hewan pada umumnya, harimau juga mempunyai subspesies atau subjenis yang berjumlah sembilan. Wow, banyak juga ya. Tapi, dari sembilan tersebut hanya enam masih ada dan yang tiga sudah terlebih dahulu punah. Contoh nama ilmiah para harimau tersebut adalah:

1.      Harimau Jawa bernama ilmiah Panthera tigris sondaica (punah).

2.      Harimau Bali bernama ilmiah Panthera tigris balica (punah).

3.      Harimau Kaspia bernama ilmiah Panthera tigris virgata (punah).

4.      Harimau Indocina bernama ilmiah Panthera tigris corbetti (masih).

5.      Harimau Siberia bernama ilmiah Panthera tigris altaica (masih).

6.      Harimau Benggala bernama ilmiah Panthera tigris tigris (masih).

7.      Harimau Sumatra bernama ilmiah Panthera tigris sumatrae (masih).

8.      Harimau Malaya bernama ilmiah Panthera tigris jacksoni (masih).

9.      Harimau Cina bernama ilmiah Panthera tigris amoyensis (masih).

Semua nama-nama ilmiah tersebut mengandung kata ‘Panthera Tigris’ karena memang itu merupakan nama ilmiah dari harimau—sesuai dengan Klasifikasi Harimau di atas.

Harimau yang umumnya mempunyai loreng-loreng di seluruh tubuh, dengan warna kulit oranye dengan garis coklat-hitam ini mempunyai massa otot yang lebih banyak lho daripada seekor Singa. Seekor Harimau mempunyai massa otot sebesar 72,6% dibandingkan dengan Singa yang hanya mempunyai 58,8% saja. Harimau juga dianggap lebih cerdas karena mempunyai lebih banyak saraf kranial daripada Singa. Selain itu, Harimau juga mempunyai tubuh yang lebih fit, mereka terbiasa jalan-jalan mengelilingi hutan, memanjat dan berenang sedangkan Singa menghabiskan waktunya untuk tidur.

Harimau juga lebih lincah dan massa tubuhnya terdistribusi dengan seimbang keseluruh tubuhnya, sementara singa terlalu berpusat di tengah. Dan pukulan Harimau lebih cepat, lho, tahukah kamu bahwa jika Singa bisa memberikan pukulan hanya satu kali saja setiap waktu, tapi Harimau bisa memukul sampai tiga kali sekaligus? Cakar dan gigi harimau juga lebih tajam, mereka bisa menghancurkan cangkang kura-kura sedangkan Singa tak bisa melakukannya.

Dua-duanya memang ganas dan menakutkan, tapi Harimau tak akan ragu langsung melompat ke arah lehermu dan akan membunuhmu seketika itu juga, sedangkan Singa sembunyi-sembunyi dulu di semak-semak dan melihat keadaan sekitar. Lalu, apakah Harimau pernah berduel melawan Singa? Oh, tentu saja pernah. Harimau dan Singa pernah di duelkan, dan dari 1902 pertarungan tersebut, Harimau menang 1732 kali sedangkan Singa hanya 170 kali saja. Wow!

Oh, ya, di atas kita sudah membahas perbedaan dari Harimau dan Singa, sekarang kita bahas persamannya, yuk, untuk itu mari kita lihat klasifikasi dari Singa:

Kingdom: Animalia

..Fillum: Chordata

......Kelas : Mammalia

..........Ordo: Carnivora

................Famili: Felidae

....................Genus: Panthera

......................Species: Panthera Leo

Yup, Harimau dan Singa mempunyai klasifikasi yang hampir mirip satu sama lain, perbedaannya hanya di species-nya saja. Singa merupakan Species Panthera Leo, sedangkan dalam Klasifikasi Harimau, Harimau merupakan species Panthera Tigris.

Dari artikel ini, apakah menurutmu Singa masih memegang tahta sebagai Raja Hutan atau Harimau berhasil merebutnya?
close