Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Games untuk anak sd paling diminati tidak berbahaya

Games Untuk Anak sd? Banyak...

Banyak yang langsung mengangkat tangan jika ditanyai soal games anak yang tersedia di toko online (playstore,dsb).

Memang, rumor yang beredar bahwa mencari games buat anak kecil itu susah. Harus ada double filtering agar tidak sampai salah memilih.

Kebanyakan games sekarang mengusung tagline “cocok untuk semua umur”, padahal jika ditimbang baik-baik adegan berkelahi atau nge-geng (gangstar) itu jelas tidak baik bagi si kecil.

Meskipun dibintangi oleh panda imut dan lucu, adegan berkelahi tetap belum appropriate untuk mereka.

Karena anak kecil biasanya langsung menyerap informasi tanpa didasari pertimbangan yang matang dan tak segan untuk mempraktekkannya langsung di lapangan.

Hal itu ‘mengerikan' dan bisa jadi membahayakan.

Adegan lain yang juga sering ditemukan pada games yaitu hal-hal yang berkaitan dengan percintaan.

Mereka belum cukup umur untuk hal itu, meskipun games tersebut di desain dengan visual bergaya anime, tetap hal itu beresiko bagi tumbuh kembang si kecil terutama dari sisi psikisnya. Mereka dikhawatirkan akan cepat dewasa sebelum waktunya.

Persoalannya tidak hanya disitu saja lho, alangkah beruntung jika games itu tidak hanya aman dan menghibur si kecil tapi juga bisa ikut mempengaruhi pembentukan karakter pada anak anda.

Jika anda menemukan games yang bisa membantu melatih otak anak sekaligus membangun karakter-karakter baik pada diri si anak, itu tentu lebih baik dan menguntungkan.

Lalu games seperti apa yang cocok buat si anak ?

Yuk, lihat daftarnya berikut ini.

●        Educational games for kids-math

Seperti judulnya, game ini berfokus pada studi matematika yang di desain sedemikian rupa sehingga terkesan lebih fun. Bagusnya, game ini menggunakan bahasa pengantar English. Jadi, anak bisa belajar menghitung dan membaca bahasa asing dalam waktu yang bersamaan.

●        Educational games. Memory

Games ini bertujuan untuk melatih daya ingat si kecil. Tersedia dalam beberapa tahapan level yang bisa di pilih sesuai keinginan si kecil. Let's have fun!

●        Game anak edukasi hewan laut

Uuu..... Dari judulnya ini sangat menarik perhatian. Secara tampilan, game ini cukup menarik. Dalam game ini, si aplikasi menunjukkan berbagai macam gambar jenis hewan laut untuk dikenali para pemain (si kecil).

Enggak cuma itu, game ini juga menyajikan konsep yang interaktif dan atraktif bagi si anak. Anak akan diminta untuk menggambar, mewarnai , menebak nama hewan dan menyusun puzzle.

Menarik kan ?

●        Toon math endless run

Mirip Temple Run, game ini juga menyajikan hal yang serupa. Tetapi, bedanya pada game ini si anak tidak hanya berlari mencari koin tapi juga berlari sambil menghitung. Karena si kecil akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan matematika.

Beneran mendidik, ya?

●        Edukasi anak muslim

Ini bukan sebuah game, melainkan sebuah aplikasi educational yang cocok buat si kecil. Actually, aplikasi ini juga cocok untuk semua umur. Jadi jangan ragu buat download ya?

Pada aplikasi ini, kita akan mendapatkan pelajaran tentang sholat, bacaan surah pendek, dan bahkan do'a-do'a juga! Terdapat fitur audio pada aplikasi untuk memaksimalkan proses belajar kita.

Okay, that's all for now !

Masih banyak sekali game lainnya seperti piano tiles, pou, dsb.

Meskipun begitu, kita tetap dihimbau untuk mengecek dengan teliti sebelum men-download sebuah game, karena di balik tampilannya yang childish, aplikasi tersebut belum tentu cocok bagi si buah hati.

Selamat mencoba !

 
close