Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh paragraf deduktif induktif campuran tentang kesehatan

Contoh paragraf deduktif induktif campuran tentang kesehatan – Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang disusun secara sistematis dan saling berkesinambungan serta mengandung suatu gagasan.

Jenis dan pengertian

Berdasarkan letak gagasannya, paragraf dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di depan atau awal paragraf. Paragraf deduktif biasanya menuliskan pernyataan umum di awal kalimat sebagai gagasan utama kemudian kalimat-kalimat selanjutnya merupakan penjelasan dari pernyataan umum tersebut.

Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa contoh paragraf deduktif:

  1. Buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Kandungan potasium yang terkandung dalam buah pisang bermanfaat untuk menjaga agar sel-sel tubuh manusia berfungsi dengan baik, sebagai sumber energi dan juga berguna untuk meningkatkan kekuatan kontraksi otot (bisep) dan otot otot jantung. Pisang juga diyakini kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat meningkatkan imun tubuh. Bukan hanya itu, buah pisang ternyata juga dapat diandalkan untuk membantu meningkatkan energi dalam waktu yang singkat atau disebut energy booster karena kandungan gula dan karobohidrat yang langsung bisa diserap oleh tubuh dan langsung masuk ke aliran darah.

Gagasan utama:

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Pada contoh paragraf diatas, gagasan utama terletak di awal kalimat. Gagasan utama berupa pernyataan umum bahwa buah pisang merupakan salah satu buah yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Kemudian kalimat-kalimat setelahnya merupakan kalimat penjelas yang menguraikan tentang kandungan dari buah pisang beserta manfaatnya bagi tubuh.

  1. Masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah. Merujuk pada data UNESO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, diantara seribu masyarakat Indonesia, hanya ada 1 orang yang rajin atau gemar membaca. Studi sejenis juga dilakukan oleh “Most Literred NATION IN THE World 2016”. Berdasarkan risetnya menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara dalam hal minat baca, yaitu persis di bawah Thailand (peringkat 59) dan di atas Bostwana (61). Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kurangnya motivasi dan rangsangan bagi anak untuk membaca dan minimnya sarana dan prasarana.

Gagasan utama:

Masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah.

Pada contoh paragraf diatas, gagasan utama terletak di awal kalimat. Kalimat “Masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah” merupakan suatu pernyataan umum. Pernyataan umum tersebut kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya tetang hasil riset minat baca masyarakat Indonesia dan faktor yang mempengaruhi minat baca yang rendah.

Paragraf Induktif

Jika paragraf deduktif memunculkan gagasan utama di awal atau di depan kalimat, hal sebaliknya terjadi pada paragraf induktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang meletakkan gagasan utama di akhir paragraf.

Jika suatu kalimat disusun membentuk paragraf induktif, maka kalimat-kalimat yang ditampilkan diawal hingga pertengahan merupakan kalimat penjelas dan kemudian diakhiri dengan kalimat kesimpulan atau pernyataan umum.

Berikut adalah contoh paragraf induktif:

Sekitar 15.000 penduduk di pinggiran sungai Haluan mengungsi karena air sungai meluap hingga ketinggian kurang lebih 2 meter. Ribuan hektar sawah yang siap panen pun juga ikut terendam. Belum lagi barang-barang rumah tangga, mobil, sepeda motor dan hewan ternak juga turut hanyut terbawa oleh banjir. Banjir yang terjadi di pingiran sungai Haluan kali ini adalah yang terparah dan paling banyak menelan kerugian sepanjang sejarah.

Gagasan utama pada paragraf diatas terletak diakhir kalimat yang berwarna merah. Diawal hingga tengah paragraf, kalimat-kalimat yang ditampilkan merupakan kalimat penjelas yang menggambarkan betapa besarnya banjir yang melanda daerah pinggiran sungai Haluan dan dampaknya. Kemudian, di akhir kalimat di tutup dengan pernyataan umum.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang hanya memiliki dua gagasan uatam, yaitu di awal dan di akhir paragraf.

Selain dua kalimat tersebut adalah kalimat penjelas.

Ciri-ciri paragraf campuran

  1. Terdapat dua gagasan utama dalam satu paragraf
  2. Gagasan utama yang pertama terletak di awal paragraf dan gagasan utama yang kedua terletak di akhir paragraf
  3. Pada kedua gagasan utama terdapat pengulangan kata kunci
  4. Pola paragraf campuran yaitu umum-khusus-umum-khusus

Contoh paragraf campuran

Keberadaan hutan di muka bumi memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup.  Hutan mampu menjadi tempat penampungan air hujan berskala besar sebagai cadangan persediaan air di muka bumi. Keberadaan hutan juga turut mengurangi terjadinya polusi udara dan global warming. Bukan hanya itu, beberapa jenis hewan memiliki habitat asli di hutan. Apabila habitat ini rusak, maka banyak hewan yang terancam punah. Pepohonan di hutan juga membantu mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Dengan demikian, kita perlu melindungi keberadaan hutan agar hutan dapat terus tetap memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup bagi anak cucu kita.

Pada contoh paragraf campuran di atas, gagasan utama terletak di awal dan di akhir paragraf. Selebihnya merupakan kalimat penjelas yang menjelaskan gagasan utama.

close